PEMBANGUNAN GAPURO DESA PAKIS

Gapura adalah suatu struktur berupa pintu masuk atau pintu gerbang ke suatu Desa. Dalam bidang arsitektur gapura sering disebut dengan entrance, yang memang diartikan sebagai pintu masuk atau pintu gerbang dalam bahasa Indonesia. Namun entrance itu sendiri tidak bisa diartikan sebagai gapura. Gapura juga dapat dijadikan sebagai simbol, dimana simbol yang dimaksudkan disini bisa juga diartikan sebuah ikon suatu wilayah atau area. Secara hirarki sebuah gapura bisa disebut sebagai ikon karena gapura itu sendiri lebih sering menjadi komponen pertama yang dilihat ketika kita memasuki suatu wilayah.

Gapura bukan semata-mata bangunan fisik yang diartikan sebagai pintu gerbang, tanda batas kota, kabupaten, desa atau kampung. Menurut tradisi, gapura merupakan wujud ungkapan selamat datang yang familiar, ramah, welcome. Gapura mewakili keramahan dan rasa hormat tuan rumah kepada setiap orang atau tamu yang datang.

Demikian pula Pembangunan gapura masuk Kantor Desa Pakis, Kecamatan Tambakromo kabupaten Pati ini bertujuan untuk menampilkan identitas atau  Kantor Desa Pakis, memperindah tampilan serta sebagai ungkapan keramahan dan rasa hormat kepada masyarakat maupun semua tamu yang berkunjung ke Desa. Keberadaan Gapura ini menjadi sangat penting karena letak Desa Pakis yang cukup strategis tepat di pinggir jalan Pantura, sehingga para warga atau masyarakat akan mudah mengingat dan mengenali Desa Pakis sebagai Desa yang Berkembang.
Di bawah kepemimpinan Kepala Desa Siswanto,Gapura Desa Pakis ini dibangun secara permanen dengan motif bangunan nasional, Dana yang dipergunakan untuk kegiatan Pembangunan Gapura Desa Pakis ini bersumber dari anggaran dana NOTO PROJO BANGUN DESO.

Pada akhirnya, dengan pembangunan gapura kantor desa ini diharapkan masyarakat lebih mengenal Desa Pakis sebagai desa Berkembang yang ramah dan asri.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan